Welcome To My Blog

Kamis, 26 Januari 2012

Bagaimana hukum bila ada wanita yg sholat jum'at?

Assalamualaikum.
  • Satria Marawis >>Bila ada wanita sholat jamat,sah sholatnya,nggk usah sholat dzuhur lagi,tp wanita tdk trmsk diantara orang2 yang berstatus pengabsah sholat jumat.
  • Mbah Jenggot II >> Wa`aliakum salam.Bila Wanita sholat jum`at sah.
  • لجنة بحث المسائل Kenapa wanita tidak mengerjakan shalat Jumat ?
    Karena ada sebuah Hadits:
    AL JUMU'ATU HAQQUN WAAJIBUN 'ALAA KULLI MUSLIMIN FII JAMAA'ATIN ILLAA ARBA'ATAN MAMLUUKUN WA IMRA'ATUN WA SHABIYYUN WA MARIIDHUN
    Shalat jumat adalah haq yang wajib atas setiap orang Islam, kecuali empat:
    - hamba
    - wanita
    - anak-anak
    - orang sakit
    (sumber: Bulughul Maram / Subulussalaam 2/57) 
    Wallaahu A'lam

  • Sedot Wc >>Perempuan solat jum at hukumnya afdhol dan memang ga usah sholat duhur.Sumber :kitab Bughyah hal 76.
    YAJUZU LIMAN LA TALZAMUHUL JUM ATI KA ABDIN WA MUSAFIR WA IMROATI AN YUSOLLIYAL JUM ATA BADALAN ANIL DUHRI WAYUJIUHU BAL HIYA AFDOLU LIANNAHA FARDU AHLIL KAMALI WALA TAJUZU IADA TUHA BA'DA HAISU KAMULAT SURUTUHA.

  • لجنة بحث المسائل Kami hanya menambahi :
    Dalam kitab Minhaajul Qawiim/ Hawaasyi Madaniyyah 2/57 diterangkan:
    WA MAN SHAHHAT DHUHRUHUU MIMMAN LAA TALZAMUHUL JUMU'ATU SHAHHAT JUM'ATUHUU FAYATAKHAYYARU BAINA FI'IL MAA SYAA`A MINHUMAA LAAKINIL JUMU'ATU AFDHALU LI ANNHAA SHALAATU AHLIL KAMAAL
    Orang yang shah melakukan shalat Dhuhur dari orang yang tidak berkewajiban melakukan shalat Jumat, maka shah shalat Jumatnya. Dia boleh memilih dari keduanya (boleh shalat Dhuhur, dan boleh pula shalat Jumat), namun yang lebih utama adalah shalat Jumat.... 

  • Masaji Antoro >>Wa'alaikumsalam

    ALASAN WANITA TIDAK WAJIB JUMAT
    1. Berdasarkan dalil nash berupa hadits
    2. Terjadi percampuran dengan laki-laki 
  •  
    الجمعة حق واجب على كل مسلم في جماعة إلا أربعة عبد مملوك أو امرأة أو صبي أو مريض
    __________
    (2) رواه النسائي عن حفصة رضي الله عنها، ورواه أبو داود عن طارق بن شهاب بلفظ «الجمعة حق واجب على كل مسلم في جماعة إلا أربعة: عبد مملوك، أو امرأة، أو صبي، أو مريض» (نيل الأوطار:226/3). 
     
  • “Shalat Jumat kewajiban bagi setiap orang muslim secara berjamaah kecuali bagi hamba sahaya, wanita, anak kecil dan orang sakit” (HR. An-Nasaa-I dari Hafshah, Abu Daud dari Thaariq Bin Syihab Nail al-Authaar III/226) 

  • ولا تجب علي المرأة لما روى جابر قال " قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فعليه الجمعة الا على امرأة أو مسافر أو عبد أو مريض حديث جابر رواه أبو داود والبيهقي" ولانها تختلط بالرجال وذلك لا يجوز)
     
  • Shalat Jumat tidak diwajibkan bagi wanita berdasarkan hadits riwayat shabat Jabir ra, ia berkata “Rasulullah shallaalu alaihi wa sallam bersabda :
    ”Barang siapa iman kepada Allah dan hari akhir maka wajib baginya shalat jumat kecuali bagi wanita, orang bepergian, hamba dan orang sakit” (HR. Abu Daud dan Baehaqi) 
    Dan karena shalat jumat bagi wanita akan mengakibatkan terjadi IKHTILAATH (percampuran) dengan kaum laki-laki.
    alMajmuu’ Syarh alMuhaddzab IV/484 

  • (الثالث) الذكورة فلا جمعة على امرأة لما روينا من الخبرين 
     
  • 3. Bagi orang perempuan, maka tidak diwajibkan shalat jumat berdasarkan dua hadits diatas.
    Syarh alWajiiz 4/603 
    Namun demikian SHOLAT JUMAT bagi WANITA sudah cukup sebagai pengganti dari sholat DHUHUR, bahkan bagi wanita yang tidak menimbulkan fitnah (tidak cantik, tidak banyak aksi/kakean gaya, kemenyek, tidak bersolek) sebaiknya menghadiri sholat jumat.... 

  • يَجُوْزُ لِمَنْ لاَ تَلْزَمُهُ الْجُمْعَةُ كَعَبْدٍ وَمُسَافِرٍ اَوْ اِمْرَاَةٍ يُصَلِّى الْجُمْعَةَ بَدَلاً عَنِ الظُّهْرِ وَيُجْزِئُهُ بَلْ هِيَ اَفْضَلٌ ِلاَنَّهَا فَرْضٌ ِلاَهْلِ الْكَمَالِ وَلاَ تَجُوْزُ اِعَادَتُهَا بَعْدُ حَيْثُ كَمُلَتْ شُرُوْطُهَا (بغية المسترشدين فى باب الصلاة الجمعة, ص 78-79 . و فى المهذب وموهبة ذى الفضل) 
     
  • Di perkenankan bagi wanita yang tidak berkewajiban jum’at seperti budak, musafir, dan wanita untuk melaksanakan shalat jum’at sebagai pengganti Dzuhur, bahkan shalat jum’at lebih baik, karena merupakan kewajiban bagi mereka yang sudah sempurna memenuhi syarat dan tidak boleh diulangi dengan shalat Dzuhur sesudahnya, sebab semua syarat-syaratnya sudah terpenuhi secara sempurna. (Bughyah al-Mustarsyidin bab shalat jum’at hal.78-79, al-Muhadzab, dan Mauhibah Dzi al-Fadhal). 
    Wallaahu A'lamu Bis showaab

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share This