Doa Sebelum Wudhu Allaahummagh firlii dzanbii wawasi’ lii fiidaari wabarik lii fii riqii. Artinya: “Ya Allah,ampunilah dosaku,lapangkanlah rumahku dan berkahilah riqziku” • Do’a Ketika menggunakan air wudhu’ Allhamdulillahi ladzii ja’alal maa’a thohuuraa. Artinya: Segala puji bagi Allah Dzat yang telah menjadikan air suci” • Do’a Niat Wudhu Nawaitul wudhuu-a liraf’il hadatsil asghari fardhan lillaahi ta’la Artinya: ”Saya berniat wudhu’untuk membersihkan dari hadas kecil sebagai kewajiban karena Allah Yang Maha Tinggi” • Do’a Ketika Mencuci Kedua Tangan Allaahumma innii as-alukal yumnaa wal barokaata wa-andzubika minas syu’mi wal halakah. Artinya: ”Wahai Tuhanku,Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan ibadah dan keberkahan,dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan dan kebinasaan. • Do’a Ketika Berkumur Allaahumma asqinii min haudi Nabiyyika Muhammadin shallallaahu ’alaihi wasallama ka’san azhma’u ba’dahu abadan. Artinya: ”Wahai Tuhanku,beri minumlah aku dari air telaga Nabi-Mu Nuhammad Saw.Satu gelas yang tidak akan haus buat selama-lamanya.” • Do’a Ketika Menghirup Air Allaahumma arrihni raa-ihatal jannati Artinya: ” YaTuhanku,wewangian syurga.” • Do’a Ketika Membasuh Tangan Kanan Allaahumma a’yinii kitaabii biyaminii waahaasibnii hisaabaan yasiiraa. Artinya: ” Ya Tuhanku,berilah aku kitab (catatan amalku) dari arah tangan kananku dan hisabilah aku dengan mudah (yaitu tidak berbelit-belit).” • Do’a Ketika Membasuh Tangan Kiri. Allaahumma laatu’thinil kitaabiii bi syimaalii wa laa min waraa-i dhahri Artinya: ” YA Tuhanku janganlah Engkau berikan kitab (catatan amal) ku dari arah kiriku dan jaganlah pula dari arah belakangku.” • Do’a Ketika Membasuh Telinga Allaahumma isma’nii munaadiyal jannati fil jannati ma’al abraari. Artinya: ”Ya Allah ya Tuhanku,dengarkanlah kepadaku suara pemangil syurga bersama orang-orang yang berbakti.” • Do,a Menghusap Kepala. Allaahumma harrim sya’rii ’alan naari wazhillanii tahta ’arsika yauma laazhilla illaa zhilluka. Artinya: ” Yaa Allah ya Tuhanku,haramkanlah rambutku dan kulitku dari sengatan api neraka,dan naungilah aku di bawah arsy-Mu pada hari tiada naungan kecuali hanya naungan-Mu.” • Do’a Membasuh Kaki Kanan. Allaahumma tsabbit qadamii ’alaash shiraatill mustaqiimi ma’a aqdaani ibaadikashaalihiin. Artinya: ”Yaa Allah,yaa Tuhanku,tetapkanlah tumuitku diatas titian yang lurus bersama tumit hamba-hamba-Mu yang shaleh.” • Do’a Membasuh Kaki Kiri. Allaahumma inni aa’udzubika antazilla qadamii ’alaa shiraati fiin naari yauma tazilla maaqdamul kaafiriina wal munaafiqiin. Artinya: ”Yaa Allah yaa Tuhanku,sesungguhnya aku-berlindung kepada-Mu dari keterpelesetan tumuitku dari atas jalan neraka,pada hari dikala terpeleset tumit orang-orang kafir dan orang-orang munafiq.” • Do’a Setelah Selesai Wudhu. Asysy hadu an laa illaaha illallaah wah dahulaa syarikalah waasyhadu anna muhammadan ’abduhuu wa rarasuuluhuallaahum maj ’alnii minat tawaabiina waj’alnii minal mutathahhitiina waj:alnii min ’ibaadikash shaalihiin. Artinya: ”Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Satu-satu-Nya,tiada sekutu bagi-Nya Dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.Yaa Allah,jadikanlah saya termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suci dan jadikanlah saya termasuk orang-orang yang shalih.”